Rabu, 25 Juli 2018

Mengatasi Oppo A37F Kamera Tidak Berfungsi

Tags

Ok pada kesempatan ini firmware.id akan memberikan tutorial serta tips bagi anda yang memiliki hp oppo A37 atau A37F yang bermasalah pada kamera depan atau biasa di bilang kamera selfi, dimana kamera tersebut tidak berfungsi atau tidak dapat digunakan dengan indikator icon pemindahan kamera depan shadow atau hanya bayangan, sehingga dengan kata lain walupun kita klik maka tidak akan terjadi apa - apa.
solusi kamera depan hp a37f tidak bisa digunakan
Kasus ini terjadi di karnakan 2 faktor diantaranya masalah hardware dan masalah software, hanya saja admin disini akan memberikan tutorial memperbaiki atau menyelesaikan masalah secara software saja sehingga untuk masalah hardware tidak akan dijelaskan.

Ok langsung saja tanpa basa basi, ada beberapa cara untuk menyelesaikan kamera depan oppo a37 atau a37f tidak berfungsi (khusus software) diantaranya :
Tutorial cara mengatasi kamera Oppo tidak Berfungsi

1. MeReboot Hp Oppo A37
Mereboot atau menghidupkan hp oppo anda, yup.. walaupun sedikit sederhana tapi beberapa kasus yang saya pernah alami (pasien) terselesaikan dengan cara hanya mereboot atau hidup ulang hp. Ini dikarnakan handphone membutuhkan refress, tapi apabila setelah reboot kamera depan tidak berfungsi juga, maka coba tips yang kedua di bawah ini :

2. Hapus data dan berhenti paksa serta menggunakan aplikasi kamera pihak 3
Nah untuk cara ini tingkat keberhasilan hampir sama seperti di atas, dimana hp tersebut butuh refres. untuk tutorialnya anda bisa pergi ke Pengaturan-Aplikasi manajemen lalu cari Kamera. buka lalu klik hapus data dan klik paksa berhenti lalu coba reboot hp anda dan coba gunakan kamera lagi.

Apakah sudah berfungsi dengan indikator icon balik kamera ke depan muncul (tidak shadow). Jika masih shadow cobalah menggunakan aplikasi kamera pihak 3 contoh seperti kamera 360, b16 dan sebgainya yang terdapat di playstore, download dan coba, jika tidak ada icon balik kamera depan juga bukan berarti kamera anda rusak atau masalah di hardware. dan jalan terkhir untuk mengatasi kamera depan yang bermasalah ini khusus dari segi software ialah dibawah ini

3. Update Color OS Oppo
Yup jalan terakhir untuk mengatasi kamera depan tidak berfungsi (khusus software) ialah dengan cara update atau upgrade firmware hp anda. berdasarkan pengalaman kasus ini terselesaikan hnya dengan mengupdate firmwarenya, Ok langsung saja :


  • Petama - tama pastikan batrai hendphone anda kurang lebih 50% diatasnya lebih baik
  • Kedua download firmwarenya di sini : SEDOT DISINI FIRMWARENYA
  • Setelah anda download copy dan pastekan file firmware tersebut ke handphone anda, terserah mau disave storage internal (memory telpon) maupun external (memory stick), tapi saran save saja di memory telpon, simpan di luar folder agar lebih mudah untuk mencarinya
  • Setelah anda copy pastekan file firmware tersebut ke memory telpon, matikan telpon hp oppo A37F anda.
  • Lalu masuk mode menu recovery oppo caranya Tekan dan tahan tombol Down (volume baeah) dan turn off secara bersamaan hingga logo oppo muncul, setelah muncul lepaskan.
  • Maka secara otomatis anda telah masuk ke mode recovery dimana tampilan awalnya memilih bahasa. pilih saja bahasa English dengan cara menekan tombol on off
  • Selanjutnya pilih Instal from storage device
  • Lalu pilih From Phone Storage
  • Cari file firmware anda contoh A37fEX_11_OTA_28_all_20170081545.zip, klik atau pilih dengan cara tekan tombol on off, jika ada keterangan "Update Installation package, this operation can not be undone" maka klik saja OK.
  • Maka secara otomatis proses update dimulai, proses ini memakan waktu yang cukup lama yaitu diantara 5-10 menit.
  • Setelah proses update dimulai, maka akan ada keterangan "promt Installation Sucessful" tugas anda klik reboot. maka handphone anda akan merestar, proses hidup ulang juga cukup lama, jadi tunggu dan biarkan. 
  • Setelah boting dan masuk homesreen tampilan akan di munculkan proses penyelesaiyan update color os, jadi tunggu lagi hingga selesai. Setelah selesai maka otomatis akan langsung ke menu awal. coba dan tes kamera. Selesai

Ok demikian tutorial dari firmware.id yang bisa di berikan, jika tetap gagal untuk mengatasi kamera depan hp oppo A37F tidak dapat digunakan kemungkin, kamera depan anda rusak atau kerusakannya pada hardware, solusinya pergi ke service hp terdekat, karna admin hanya bisa sampai disini dalam arti mengatasi secara software. sekian dan terima kasih. dan jika anda masih bingung anda bisa lihat video tutorialnya di chanel firmware.id di bawah ini :

1 komentar so far

Min. Firmware untuk kamera belakang bisa dengan cara yang sama kak?
Mohon bantuannya


EmoticonEmoticon