Minggu, 07 Mei 2017

Apa Itu Root Pada Android

Mungkin beberapa sebagian orang masih belum mengerti istilah kata Root apalagi fungsinya dimana kita ketahui mayoritas kita hanya sebagai pengguna saja (asal pakai, jalan, selesai) tanpa mengenal terlebih dahulu , sehingga banyak para pengguna setelah meng root hpnya malah kebingungan atau menyesal setalah menggunakan akses root tersebut. jadi intinya root itu memiliki sebuah kelebihan maupun kekurangan hingga dampak atau resiko. Sebelum kita membahas kelibihan dan kekurangannya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu histori tentenag kata root ini.

Pernah dengar pada tahun 2007(perkiraan hehe) tentang hank symbian.. yup di era jaman rajanya ponsel (jaman - jaman sekolah dulu) dimana ponsel yang bersistem symbian sangat di gemari atau digunakan banyak orang. Kenapa ? Bentar bro cerita dikit hehe, Dulu saya pengguna ponsel symbian dari seri atau updatetan software S60, S60v2 hingga S60v3 (mayoritas penggunanya OS syambian tersebut digunakan brand nokia), apa itu symbian? symbian itu operasi sistem berbasis open source dimana sistem tersebut adalah sistem operasi terbuka kita bisa mengotak ngatik tanpa ada sebuah larangan, hak cipta dsb. Pada intinya kita bisa bebas entah itu ingin berekperimen atau hanya sekedar iseng-iseng meng otak atik OS tersebut, dimana diperuntukan sebuah kecocokan atau kesenangan pribadi contoh masalah font, terkadang secara default (brand nokia) kurang menarik di lihat maka peran hank inilah bisa merubah kehendak apa kita inginkan. Nah sebenarnya hank itu apa?

fungsi root, kegunaan root, serta resiko dan dampak root pada android

hank (sengaja menulis kata hank), hank adalah memodifikasi handphone supaya pengguna atau user mendapatkan hak akses seluruhnya atau penuh ke sistem tersebut.
Salah satu contoh selain font saya jelaskan di atas, ialah dalam kasus symbian dimana gunanya berbabagai aplikasi jenis sis(symbian) terkadang tidak bisa terpasang/ter'instal atau support maupun menguninstal aplikasi permanen (default) sebuah handphone tersebut dan masih banyak lagi keuntungan setelah di hank. 

Nah.. itu tadi cerita operasi sistem Symbian berbasis open source dan sekarang sudah jamannya sistem operasi android, dimana sistem android juga berbasis open soarce atau sistem terbuka, jika untuk mendapatkan hak akses operasi sistem pada android tersebut, kita di wajibkan menghank,  hanya saja sebutannya bukanlah hank lagi melainkan ROOT dan definisi serta fungsinya Sebetulnya sama saja tapi firmware.id sedikit menjelaskan.

Pengertian Root
Root(Bukan akar ya bro hehe) itu adalah sebuah proses memodifikasi handphone supaya pengguna atau user mendapatkan hak akses seluruhnya atau sepenuhnya ke sistem tersebut. dan apabila  hendphone atau hp itu sudah terRoot akan ada tampilan atau Aplikasi SU (Super Users) atau  king user. Nah.. untuk kelebihan dan kekurangan saya paparkan agar lebih jelas lagi serta mengetahui dampak dan resikonya antara lain

Kelebihan Hp Setelah di Root :
    1. Mampu mengeluarkan semua potensi sistem dan fitur terkunci sebelumnya (default) seperti meng uninstal aplikasi default/permanen seperti apliaksi yang tidak di inginkan (contoh aplikasi Iklan atau yang tidak penting lainnya bagi menurut anda).
    2. Pastinya bisa menginstal semua aplikasi yang membutuhkan root contohnya aplikasi Cheat, bagi yang suka ngegem ingin menang cepat, ngk sabaran gitu heheh, selanjutnya cam record screen dan mungkin masih banyak lagi,
    Segala sesuatu pasti ada kekurangan dan kelebihan

      Kekurangan Hp di Root :
        1. Dalam Proses PengeRootan Salah dalam mempraktekan serta step atau kesalahan teknis lainya, hp anda bisa rusak, blank, hank dsb. Kalau sudah begitu maka handphone Anda harus meripair atau perbaikan dari segi software seperti menginstal atau ngeflash.
        2. Untuk menghapus aplikasi default di hp anda miliki, anda perlu berhati - hati untuk memilih, mana yang bener-bener penting mana yang tidak, kenapa, karna Salah dalam penghapus aplikasi, hp anda bakalan menjadi error. Contohnya seperti aplikasi tidak berjalan, hank, dsb. jalan satu-satunya ya di repair menginstal atau flash handphone, kasus yang sering terjadi dalam pengapusan aplikasi permanen pada android (mengahapus robot hijau (maaf tidak baku bir lebih paham), dimana robot hijau itu banyak sekali atau bermacam-macam jenisnya apabila kita melihat di manager aplikasi! terlihat banyak sekali robot hijau hanya saja sistem kerja mereka berbeda - beda ada yang kegunanya untu keybord,jam dll). misalkan kita menghapus robot hijau keyboard otomatis, selain memunculkan popup eroro keybord sistem android, hp andapun tidak akan bisa di gunakan untuk menulis.
        3. Terakhir, dan tersering terkadang tidak mengerti effek atau dampak resikonya dari pengerootan ialah gampang teinfeksi malware atau virus selain itu juga tidak bisa update otomatis operasi sistem terbaru dari pembelian provider brand hp, misalkan asus,samsung, dan xiaomi selalu update UI (user interface) androidnya dan terpenting ialah garansi disetiap pembelian handphon anda miliki akan hilang atau hangus apabila di root.
        Mungkin itu saja sedikit penjelasan dari firmware.id, jadi pikir pikir terlebih dahulu, untuk mengeroot handphon android anda, apabila anda tetap ingin mengeroot, anda bisa searce saja di google dengan keyword cara root (tipe hp anda), atau anda bisa mencarinya cara root yang tersedia di blog firmware.id ini, tapi ingat resiko tanggung sendri bro.

        Demikian penjelasan singkat apa itu root, apabila ada kesalahan dalam penulisan serta penjelasan firmware.id membuat Anda kurang mengerti, saya mohon maaf karna saya manusia biasa yang tidak terluput dari kesalahan, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat bro.


        EmoticonEmoticon