Minggu, 23 April 2017

Apa Itu Firmware Pada Handphone

Dalam dunia teknologi infomasi khususnya di bidang elektronika, seperti pc, laptop, handphone, smartphon serta device lainnya, memiliki dua hal penting yang wajib dimiliki sehingga akhirnya bisa dinikmati diantarnaya memiliki Hardware dan Software atau bahasa indonesianya ialah Perangkat keras dan perangkat lunak, dan perlu anda ketahui bahwa dua peran tersebut saling berkaitan khusunya dalam dunia teknologi elektronika.

Apa itu firmware pada handphone, firmware adalah sebuah program operasi sistem hp


Misalkan di rumah anda memiliki sebuah PC, dan yang di katakan sebuah hardware dalam dunia elektronika, diantaranya ialah : motherboard, prosesor, ram, hardisk, mouse, keyboard, lcd, printer, dan sebagainya. Hanya saja semua hardware tersebut walaupun tersusun serta terkoneksi dengan rapi. Maka PC serta device pendukung lainnya tidak akan bisa kita digunakan, entah internet, office, game, dan lainnya.
kenapa? itu karna tidak adanya sebuah Perangkat lunak atau bahasa yang familiarnya yaitu software, dan sebenarnya apa sih software itu ? Ok software adalah program yang berisi kode-kode printah guna kelangsungan sistem kerja pada sebuah hardware contohnya dikatakan perangkat lunak seperti Operasi Sistem (windows, linux, macitos), Driver, Microsoft office, chrome dan sebagainya. Lalu apa itu firmware pada handphon? dari penjelasan saya di atas bahwa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan istilah perangkat lunak sehingga

Firmware pada Handphon adalah sebuah perangkat lunak atau software yang berisi code-code program yang nantinya untuk di perintahkan demi kelangsungan sistem kerja pada handphone, kita ambil salah satu contoh yaitu firmware android, dimana firmware-firmware tersebut mencakup, seperti jam, keyboard, kamera dsb. dan jika firmware tersebut tidak ada atau mengalami kerusakan (error). maka otomatis sistem pada handphone tersebut tidak akan bekerja, misalkan jika kerusakan ada pada program keyboard, maka hp tersebut otomatis tidak akan memunculkan popup pengetikan, atau jika yang terjadi adalah sistem UI (User Interface) maka tidak kata lain hp anda benar - benar tidak bisa digunakan lagi, seperti bootlop, softbrik, hardbrik dan sebagainya.

Jadi firmware atau perangkat lunak itu sangatlah penting sekali dan seperti yang kita ketahui mayoritas firmware digunakan dalam dunia repair atau memperbaiki hp khusunya kerusakan software dan tidak terpungkiri juga sebenarya kita selalu menggunakan firmware ini, hanya saja kita tidak terlau familiar dalam sebuatannya, tidak kata lain adalah update sistem, nah itulah juga dikatakan firmware, nah hanya saja sebutan untuk firmware ini adalah firmware OTA Apa lagi itu Firmware OTA?

Macam - Macam Firmware
Tenang jangan pusing ini hanya sekedar sistem kerjannya saja. OK firmware hany terbagi 2, firmware Offline dan OTA (Over the Air) berbedannyanya ialah.
  • Offline - Kita perlu mendownload terlebih dahulu lalu mensisipkanya dengan bantuan pihak ketiga, yang biasa dikatakan tool, dan tool tersebut hanya bisa dijalankan di pc, dengan kata lain firmware tersebut disipkan atau transfer melalui PC, dan biasanya untuk file offline, sizenya lebih besar. Sedangkan
  • OTA, adalah sebuah firmware Pemidahan langsung dari handphone dengan memanfaankan hp tekoneksi internet, untuk mendownload data terlebih dahulu lalu mengistalnya langsung di handphonenya, dan size firmware ini, mayoritas kecil.
Sudah sedikit paham bukan, Maka dari itu blog firmware.id disini akan membahas tutorial serta berbagi file firmware khususnya untuk handphone dimana firmware - firmware yang admin bagikan ini telah menyesuaikan  domain yang saya miliki yaitu .id dengan kata lain religion atau negara indonesia, kenpa karna firmware pada handphone itu banyak sekali dan setiap handphoe memiliki firmware yang berbeda - beda, tapi yang paling menonjol adalah dari sektor bahasa saja,

Sehingga pada intinya setiap update firmware yang saya miliki anda tidak perlu kuwatir lagi karna memang telah mendukung bahasa indonosia, contohnya firmware handphon yang berligion indonesia nantinya saya bagikan Nokia, BB, dan masih banyak lagi dimana vendor lama tersebut harus menyesuikan bahasa, beda dengan android yang sudah for all walaupun tidak sepenuh.

Dan mungkin untuk masalah updatetan pada blog firmware.id akan terasa sedikit lama, karna blog ini akan melalui proses mulai dari penguploadtan sebuah file diama sizenya bermacam - macam tapi mayoritas untuk handphon terbaru firmware tersebut lumayan besar kisaran antara 500mb-2GB, setelah terupload blog ini juga akan menulis artikel guna memberikan tutorial bagaimana cara transfer file, serta tool apa saja yang digunakan selain itu juga memperjelas jenis file firmware tersebut agar tidak salah untuk memilih file firmware intinya sesuai dengan handphon anda.  
Demikian penjelasan apa itu firmware Pada Handphone selain itu juga telah memperjelas tujuan dari blog ini, apabila ada kesalahan dalam penulisan serta penjelasan saya dalam postingan ini membuat anda kurang bisa di mengerti, saya mohon maaf sekian dan terima kasih.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon