Jumat, 31 Agustus 2018

Firmware dan Cara Flash Samsung J2 Prime (G532G)

Tags

Firmware dan cara flashing, saat smartphone yang Anda gunakan mengalami bootloop atau booting hanya sampai di logo samsung, maka Anda perlu melakukan flashing pada smartphone Anda. Untuk melakukan flash pada smartphone, Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara hard reset. Namun, hard reset ini hanya memulihkan pengaturan dari sistem. Permasalahan yang banyak terjadi adalah terkait permasalahan software.

cara flashing j2 prime gratis

Hal inilah yang membuat smartphone yang Anda gunakan, menjadi proses booting saja. Jadi, tidak bisa digunakan seperti biasanya. Dan tentunya, masalah tersebut harus segera diselesaikan bukan? Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Anda harus melakukan proses flashing. Begitu juga dengan masalah bootloop pada Samsung J2 Prime (G532G). Lantas, bagaimanakah tutorial cara flash Samsung J2 Prime dengan menggunakan ODIN? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simaklah ulasan berikut ini.

Tutorial Cara Flash Samsung J2 Prime Menggunakan ODIN
Untuk mengatasi permasalahan pada Samsung J2 Prime yang sedang bootloop, maka Anda harus menyelesaikannya dengan flashing. Untuk melakukan flashing ini, bukan hanya membutuhkan langkah – langkahnya saja. Anda juga membutuhkan firmware untuk melakukan proses flashing ini.
Perlu Anda tahu bahwa memang tidak ada jaminan bahwa Samsung J2 Prime yang mengalami bootloop akan selesai dengan cara itu, namun hal ini dapat dilakukan sebagai cara pertama yang bisa Anda lakukan sendiri. Untuk melakukan flash Samsung J2 Prime, hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara flash Samsung J2 Prime adalah menyiapkan peralatan, diantaranya :

  • Kabel USB pastikan yang bagus 
  • Pastikan daya baterai smartphone Anda kurang lebih 50%.
  • Download Driver Samsung, Firmware serta tool flashingnya yaitu ODIN DISNI
Setelah peralatan dan bahannya sudah anda siapkan langsung saja ke esekusinya :
  • Pertama extrak dan instal terlebih dahulu USB Driver di PC Anda, serta extrak file firmware samsung j2 prime
  • Langkah selanjutnya adalah matikan Samsung J2 Prime Anda. Setelah itu, tekan kombinasi tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan, setelah itu akan muncul Warning!!! Di Layar touchscreen. Hal ini dilakukan untuk masuk ke menu download (Odin Mode)
  • Setelah itu, pilih Continue dengan menekan Volume Up. Maka, Anda akan masuk ke dalam menu download Samsung J2 Prime secara otomatis.
  • Selanjutnya, hubungkan hp samsung J2 prime anda ke PC dengan menggunakan kabel USB. Lalu, operasikan atau buka aplikasi  ODIN dengan cara klik kanan. Setelah itu, pilih Run ad administrator.

  • Setelah aplikasi odin terbuka, anda harus memastikan bahwa Samsung J2 Prime Anda terdeteksi oleh ODIN. Tandanya adalah terdapat warna hijau dengan tulisan ID:COM. Setelah memastikan hal tersebut, selanjutnya adalah klik AP lalu carilah firmware Samsung J2 Prime yang sudah diekstrak. Pilih dan klik Open dan tunggu sampai firmware tersebut termuat pada ODIN.
  • Langkah selanjutnya dalam flash Samsung J2 Prime adalah klik tombol Start di ODIN. Otomatis, proses flashing akan berjalan. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.
  • Setelah selesai, akan muncul tulisan PASS!. Setelah itu, Samsung J2 Prime Anda akan melakukan proses booting dengan otomatis. Biasanya proses booting setelah melakukan flashing cukup lama. Jadi, tunggu sampai proses tersebut selesai.
  • Setelah melakukan flashing, sebaiknya Anda juga melakukan hard reset. Hal ini agar firmware yang sudah diekstrak, dapat diperbaharui secara sempurna dalam sistem smarphone Anda.

Demikianlah penjelsan lengkap terkait cara flash Samsung J2 Prime yang harus Anda tahu. Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika Anda membutuhkan firmware untuk flashing Samsung J2 Prime, maka Anda bisa download firmware di sini. Terima kasih.

1 komentar so far

work mas mkasih habis muter2
gagal terus
saya sangat berterima kasih atas tutorialnya
hp saya samsung j2 akirnya bsa jga


EmoticonEmoticon