Selasa, 31 Desember 2019

Cara Hard Reset All Android No PC

Pattern Lock atau hard reset semua ponsel atau smartphone android tanpa menggunakan pc maupun flashing dengan memanfaatkan fitur dari android yaitu Find my device, sebelum ke tahapan tutorialnya alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu fitur atau aplikasi tersebut.

VIVO REALMI PATTERN LOCK
Find My Device, adalah sebuah fitur atau aplikasi yang tertanam dari smartphone secara default atau standar OS android, dimana berfungsi sebagai security seperti mengunci, pengahapusan, menderingkan, hingga pelacakan jika handphone anda merasa kehilangan ataupun lupa menaruhnya, hanya saja find my device disini hanya bisa bekerja dengan syarat diantaranya :

Syarat Menggunakan Fitur Find My Device
  • Handphone atau smartphone android anda telah login dengan akun google (gmail) 
  • Hp anda terkoneksi internet, entah itu menggunakan wifi ataupun menggunakan paket data
  • Gps pada handphone anda aktif (jika anda ingin melacak keberadaan handphone android anda).
Nah penjelasan syarat di atas jika handphone anda merasa kehilangan, dan mungkin akan ada pertanyaan, misalkan :
  • Tanya : Min hp saya kehilangan, gps saya tidak aktif, apakah saya bisa melacak handphone saya melalui fitur find my device
  • Mimin : Tentu saja TIDAK  BISA, fungsi gps disini menentukan titik kordinat yang disampaikan melalui google map pada aplikasi find my device, sehingga dengan kata lain anda tidak akan bisa melacak keberadaan handphone anda, hanya saja disini anda masih bisa mengendalikan handphone anda di antranya, mengunci, menderingkan hingga menghardreset (dengan syarat handphone telah disisipkan akun google (gmail) dan dalam keadaan online entah itu menggunakan paket data ataupun terkoneksi wifi). Nah mungkin padah kasus seperti ini lebih cocoknya jika handphone anda kelupaan untuk menaruh, sehingga anda bisa memanfaatkan fitur find my device untuk menderingkan dimana handphone akan berbunyi walaupun handphone dalam keadaan silet (diam).
  • Tanya : Min Bagaimana jika handphone saya dalam keadaan gps mati dan koneksi internet offline
  • Mimin : ya otomatis wassalam dan iklaskan, dengan kata lain TIDAK BISA entah itu dilacak, di deringkan atapun di hardreset. apalagi handphone anda tidak disiipkan dengan akun google atapun lupa dengan akun googlenya maka akan memperparah keadaan, jadi wajib mensisipkan serta ingat akun google (email beserta pass gmail).
  • Tanya : Min dengar dengar hp bisa di lacak via imei, 
  • Mimin : ya bisa, hanya saja membutuhkan proses yang sedikit rumit, diantaranya membutuhkan kewenangan serta dana yang lebih. mungnkin gambarannya seperti ini : hp anda hilang lalu anda ingin mencarinya dengan menggunakan imei, pertama yang anda lakukan ialah menghubungi operator provider dimana anda akan diminta no imei serta surat keterangan dari kepolisian bahwasannya handphone anda hilang, selanjutnya akan di proses dan dilacak, hanya saja dengan syarat hanphone anda dalam ke adaan on atau hidup dan kartu sim provider belum di copot atau lepas, jika sudah di lepas maka pihak provider hanya memberikan kordinat terakhir (kartu sim masih terpasang pada handphon), nah mungkin gambarannya seperti itu karna admin sendiri belum pernah mencobanya, dan yang saya jelaskan belum termasuk feenya, untuk lebih jelasnya anda bisa mengujungi kepolisian terdekat pada daerah kalian.
Nah itu tadi sedikit cerita tentang fungsi fitur my device pada android selain itu sedikit juga membahas masalah pelacak handphone dengan metode melalui imei, dan mungkin kalian sudah dapat gambaran khusus fitur android ini yaitu find my device, ok kita kembali ketopik, yaitu bagaimana cara hardreset handphone android menggunakan fitur find my device?

Cara Hard Riset atau Patern lock All android menggunakan Find my device
  • Pertama tama pastikan handpone terisi battrai di atas 50% dan terkoneksi internet
  • Pastikan anda ingat dengan email dan password gmail yang terdapat pada handphone tersebut (biasanya email di buat masuk playstore).
  • Selanjutnya siapkan pc atau hp lain untuk masuk halaman situs Find my device disni https://www.google.com/android/find
  • Selanjutnya login dengan akun anda, email beserta password, jika sudah ada akun lain coba klik icon akun dan tambahkan akun, Setelah anda masuk maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :
FIND MY DEVICE BROWSER

nah terlihat pada gambar tersebut, peta tidak menunjukan koordinat, dengan kata lain GPS pada handphone anda tidak aktif, selanjutnya terdapat 3 menu yang dilingkari diantaranya :
  1. Putar Suara : Menu yang akan berfungsi, menderingkan handphone anda sekalipun handphone anda dalam keadaan mode silent (diam), biasanya di peruntukan jika handphone anda lupa menaruhnya dan anda cukup mengklik menu tersebut maka otomatis handphone anda akan berdering
  2. Amankan perangkat : Menu yang berfungsi, mengunci serta memberikan notifikasi pada halam homescreen, biasanya di peruntukan bagi anda kehilangan handphone anda, dimana jika anda klik maka akan diminta masukan kode kunci serta memberikan keterangan notifikasi (conto memebrikan no hp) maka secara otomatis pada handphone anda akan terkunci dan dihalam homescreen akan muncul peringatan notifikasi beserta no hp.
  3. Hapus perangkat : fitur ini berfungsi bagi anda merasa handphoneya kehilangan dan ingin menghilangkan atau menghapus data pribadi yang berada di handphone tersebut, nah selain itu juga fitur ini berfungsi bagi anda yang lupa dengan kunci telpon, entah itu berupa pin ataupun pola selain itu ada beberapa brand tidak bisa melakukan hardriset melalui menu recovery contoh seperti oppo, vivo biasanya di bialang pattern lock jadi dengan memanfaatkan fitur ini anda tidak perlu repot repot pergi ke teknisi selain itu dengan memanfaatkan fitur ini hp akan lebih aman nimbang flashing ataupun di direck, ok untuk melakukan hapus perangkat ialah : 
  • Anda cukup mengklik menu hapus perangkat 
  • Secara otomatis anda akan di arahkan memasukan password, masukan saja lalu klik berikutnya selanjutnya akan ada "notifikasi hapus permanen", klik saja hapus, maka secara otomatis hanphone anda akan reboot atau restart.
  • Tunggu booting hingga masuk menu home screen, biasanya waktu untuk booting atau restart bisanya memakan waktu yang sedikit agak lama sekitar 5-7 menit, dan jika sudah booting masuk menu homescreen selesaikan setupnya, tenang tidak ada lagi menu FRP.
Hapus perangkat : akan menghapus seluruh data yang ada di memory telpon (hanya memory telpon untuk memory stik /memery card tidak akan ikut terhapus), seperti foto, video, aplikasi yang sebelumnya pernah di download serta file lainnya
Selesai, ok mungkin itu saja tutorial bagaimana cara hard reset all android no pc, no flash, akan tetapi harus mengikuti beberapa syarat di jelaskan di atas, dan jika anda merasa bingung anda bisa melihat video youtube tutorialnya di link bawah ini :


EmoticonEmoticon