Jumat, 28 April 2017

Cara Flash Handphone Samsung Menggunakan aplikasi Odin

Pada kesempatan ini Firmware.id akan memberikan sebuah tutorial Cara Flashing Handphone khusunya vendor Samsung Android dimana Menggunakan Tool Odin, dan pada arkel sebelumnya  firmware.id juga telah membahas apa itu Firmware, Flashing, Driver serta Tools. Nah bagi anda masih belum jelas istila istilah tersebut anda bisa melihat- lihat di blog ini di artikel sebelumnya.

Ok kita kembali lagi, setelah kita mengetahui penjelasan serta fungsi antara firmware, flashing, tools serta driver, dimana itu adalah sebuah alat tempur atau peralatan guna untuk memulai proses perbaikan handphon khusunya kerusakan software. Dan saya pun telah menyingung bahwasannya dalam dunia flashing itu caranya atau metodenya berbeda-beda dimana tergantung dari brand atau vendor hendphone.
Nah agar pembaca atau visit bisa memahami tutorial ini maka pembalajar saya muat diblog ini dengan secara sistematis, walupun saya sendiri bukan ahli dalam repair, pada intinya kita sama - sama belajar. dan untuk artikel ini atau post ini sambil kasus kerusakan handphone yang saya miliki saat ini, dimana kerusakannya yaitu bootloop atau hanya memunculkan logo samsung doang.

Entah kenapa penyebabnya, mungkin karna awalnya menginstal sebuah aplikasi yang di luar dari playstore atau dengan kata lain comot di internet. Dan untuk tipe hp samsung yang saat ini saya gunakan repair adalah samsung tipe J2, dan peratannya sudah saya download, di antaranya firmare samsung j2, Driver yang sudah sebelumnya saya instal, dan terkahir adalah Toolnya yaitu ODIN, dan pada artikel sebelumnya juga telah saya jelaskan apa itu odin, tapi agar lebih jelas dan tidak bolak balik inilah odin.

Odin adalah sebuah aplikasi media transfer atau jembatan untuk memasukan sebuah firmware atau operasi sistem pada handphone, hanya saja tool ini di peruntukan untuk handphon brand samsung khsusnya Operasi sistem Android. Dan tool ini banyak digunakan para masyarakat, mulai dari teknisi hingga yang hanya sekedar hoby oprek- oprek atau jika ada orang yang ingin meng upgrade atau downgrade operasi sistem android pada handphone samsungnya. dan seperti yang kita ketahui tool ini banyak di gunakan karna gratis, Oh ya flashing yang saya lakukan saat ini pada handphone samsung tipe j2 mungkin tidak hanya bisa mengatasi bootloop saja melainkan bisa juga untuk mengatasi, maslah lain seperti, error, blank, apliaksi tidak berjalan dan sebagainnya. ok tanpa bosa kita langsung saja ke tutorialnya ini caran flashinya
Cara Flashing hp Samsung Menggunakan odin:
yang perlu anda lakukan ialah Persiapkan alat dan bahannya : 
  • Anda perlu download terlebih dahulu drivernya, anda bisa comot di halaman sebelumnya di bawah ini :
Kesini : Download Driver USB Semua Handphone
  • Dan untuk aplikasi atau Tools Repairnya yaiitu Odin anda bisa comot di artikel di bwah ini :
  • Firmware (firmware anda bisa searce sendiri dan pastikan sesuai dengan tipe hp samsung anda)
  • Dan terakhir yaitu siapkan Kabel USB, Tapi pastikan kabel usb yang anda gunakan yang bagus
Ok untuk tahap pertama, anda perlu merubah hendphone anda ke mode odin, caranya lihat gambar di bawah ini :

cara flash handphon hp samsung bootlop,blank,restar,hank

Pastikan handphone anda terisi batrai kurang lebih 50%, matikan handphon anda, selanjutnya Tekan tombol secara bersamaan :
  1. Tombol Down
  2. Tombol Home
  3. Tombol Power
  4. Selanjutnya pilih continue 
  5. Dengan cara tekan tombol Up
  6. maka otomatis anda akan di arahkan kemode Odin

Selanjutnya hubungkan handphone anda pada pc/laptop anda menggunakan kabel USB, lalu buka aplikasi odinya :

mengatasi handphone samsung blank, bootlop, hanya menapilkan logo samsung

Disini saya akan menjelaskan serta melanjutkan cara flashing handphone samsung
Dimana tampilan tersebut dan setelah anda menghubungkan handphone anda ke pc/lapto antara lain :
  1. Menampilkan sebuah idikator bahwa handphon anda terkoneksi dengan pc anda, apabila tidak ada keterangan com port, otomatis handphon anda tidak terkonenksi, pastikan driver USB sudah terinstal, dan kabel USB masih bagus, apabila semua dilakukan baik dan benar mulai dari penginstalan driver, kabel usb masih bagus, tapi tetap tidak terkoneksi kemungkinan handphone anda mengalami kerusakan hardware.
  2. Dimana tempat pengisian firmware pada handphone anda, dimana bagian AP anda klik lalu cari file firmware anda dimana sebelumnya sudah anda download, mayoritas jenisnya md5
  3. Setelah memasukan file firmware maka otomatis aplikasi odin anda akan meloading, tunggu saja dan liat di bagian log, apabila ada keterangn sukses berarti handphon siap di flash.
  4. Klik atau tekan start untuk memualai proses flashing (biasanya membutuhkan waktu 5-10 menit tergantung tipe handphone)
  5. Indikator proses loading flashing, dimana apabila proses flashing selesai, maka indikator akan bertulis Pass
Begitulah cara Flash Handphone Samsung Menggunakan Tool Odin, Ok mungkin itu saja firmware.id bisa sampaikan apabila ada kesalahan penulisan serta penjelasan yang menurut anda kurang di pahami, anda bisa bertanya di kolom komentar, sekian dan terima kasih. 

1 komentar so far

Panduan nya..membantu sekali...


EmoticonEmoticon