Kamis, 05 Maret 2020

Cara Cek Dan Model Hp Oppo Vivo Samsung

Cek tipe serta model dan versi hp sangatlah penting dalam menunjang repair khususnya dari segi software, karna dengan kita mengetahui tipe dan model HP tersebut maka kita akan tahu alat dan bahan apa yang nantinya kita gunakan sebelum eksekusi, selain itu juga dengan mengetahui jenis tipe dan model hp yang kan kita repair, maka kita akan mengurangi resiko ke gagalan.

cara cek tipe model versi firmware hp oppo vivo dan samsung

Yang di maksud dengan resiko ke gagalan yaitu. misal kita mendapatkan kasus sebuah handphone kita ambil saja brand vivo yang terkunci telpon. dan seperti ketahui untuk mengatasi handphone vivo tersbut tidak biasa di lakukan dengan cara hardreset melalui menu recovery, karna vivo telah mensisipkan sistem keamanan, dimana jika kita melakukan hardreset melalui recovery setelah kita pilih wipe data maka kita akan diminta kode pin atau pola konfirmasi, dimana kode konfirmasi tersebut kitapun tidak mengetahuinya. maka untuk mengatasinya iyalah dengan cara menggunakan tool khusus untuk pattern lock hp tersebut. Itu baru melakukan proses buka kunci belum lagi flashing jika handphone mengalami masalah error ataupun bootloop.

Nah yang jadi masalah tidak sebarangan melakukan flashing atau buka kunci dan sebagainya, karna ada prosedur sebelum melakukan esekusi, dan paling Utama adalah mengetahui tipe hp tersebut, dan jika kita asal asalan mengisi firmware dengan tipe berbeda maka handphone tidak akan respon atau biasa saja respon tapi hp bakal mengalami bootlop di karnakan beda firmware ataupun versi firmware yang terlalu rendah. maka dari itu megetahui tipe dan model serta versi firmware sangatlah penting. Ok langsung saja admin akan sedikit memeberi tips cara mengetahui model,tipe serta versi firmware pada hp vivo, oppo dan Samsung di antaraya.

Cara Cek Tipe Model serta Versi Firmware Hp Samsung
Untuk Samsung sangatlah gampang, jika handphone Samsung anda tidak menggunakan battrai tanam maka, kalian cukup buka atau cabut battrai dan lihat bagian belakang hp Samsung tersebut, maka akan terlihat bagia model seperti pada gambar 1 di bawah ini :

cara cek tipe model serta versi firmware hp samsung

Pada gambar 1 tersebut lihat bagian model, tertulis SM-J106B/DS, akan tetapi jika hp Samsung anda battrai tanam maka untuk mengeceknya dengan cara masuk menu recovery, caranya tekan dan tahan tombol ON OFF + Volume UP + tombol HOME, jika logonya muncul lepaskan tombol ON OFF dan tetap bertahan tombol Volume UP + HOME hingga masuk menu recovery jika sudah masuk lepaskan. nah jika sudah masuk, maka kan terlihat pada gambar 2,  model dan tipe hp tersebut J106BDSU0APL2 ta kita ambil saja J106BDS atau di baca J106B/DS, selanjutnya 6.0.1 adalah versi androidnya, sehingga jika kalian ingin download firmwarenya maka tulislah keyword "download firmware Samsung J106/DS android 6 / versi terbaru dan tambahin BI, BI adalah Bahasa Indonesia.

Cara Cek Tipe Model serta Versi Firmware HP OPPO
Nah untuk hp oppo hamper sama, jika hp oppo tipe lama yang masih menggunakan battrai NON TANAM, maka kalian cukup melihat bagian belakang cover hp, akan tetapi jika hp oppo anda terbaru dimana menggunakan battrai tanam, apalagi terkenak kasus terkunci, maka caranya yaitu, dalam keadaan hidup pilih atau klik panggilan darurat dan ketikan kode cek tentang telpon caranya seperti gambar di bawah ini :


cara cek tipe model serta versi firmware hp oppo


Yup *#899#, nah di saat anda menekan # maka secara otomatis anda akan di arahkan menu Engineer Mode, selanjutnya tugas anda pilih menu Software Version. setelah pilih maka akan terlihat model hp oppo anda, misal tertulis model CPH1909 dan sebagainya. lalu anda cukup serace di google oppo CPH1909 maka akan muncul tipe hp anda missal oppo a71, tinggal jika anda ingin flashing cari firmware dengan keyword "oppo cph1909 a71". dan apabila dengan kode tersbut tidak muncul menu Engineer Mode, jalan terakhir yaitu membongkar dan melihat mode battrai, dan battrai tersebut sebagai petunjung, caranya kalian tulis di google battrai oppo (kodenya), maka akan muncul beberapa tipe handphone tersbut, hanya saja cara ini kurang akurat nimbang menggunakan kode.


Cara Cek Tipe Model serta versi Firmware Hp VIVO
Terakhir yaitu, hp vivo, nah vivo ini cukuplah banyak jenisnya contoh saja vivo y91 yaitu 1818, dimana ada beberapa varian 1818gf, 1818hf, dan seterusnya, biasanya kode yang di akhiri tersebut menentukan spasifik serta chipsetnya,apa lagi terkadang user hanya menyebut tipenya saja seperti y91, sehingga membuat kita binggung firmware dan tool apa kita gunakan, nah agar lebih detail mengetahui tipe dan modelnya serta versi firmwarenya agar tidak salah mengesekusinya caranya yaitu.
  • Dengan cara masuk menu recovery, untuk tipe hp vivo untuk masuk menu recovery caranya tekan volum UP + tombol ON OFF, maka akan masuk mode fastmode, tugas kalaian pilih menu recovery mode, setelah masuk handphon ajan reboot dan otomatis masuk menu recovery, 
  • nah tugas kalian pilih advanced options lalu pilih Viaew Recovery LOG dan pilih Last Log 1, maka anda kan di munculkan terminal, ketuk layer untuk melihat kebawah, dan lihat jika ada tulisan sepeti mtk artinya chipset hp tersebut mediatek tpi jika tertulis qcom maka chipsetnya hp tersebut qualcom, dan selanjutnya lihat tipe hp tersebut jika ada tulisan PD xxx contoh aja PD 1818gf, itu adalah tipe hp anda, dan lihat akhir kode tersebut maka anda akan melihat A xx contoh A 12.0.1 itu adalah versi firmwarenya.
  • Nah itu tadi cara gampangnya, tapi jika handvon vivo anda tipe terbaru dimana tidak ada menu recovery maka, mau tidak mau anda harus bongkar hp tersbut seperti pada hp oppo yaitu melihat kode battrai. dan untuk lebih jelasnya bagaimana cara cek tipe hp vivo bisa melihat video di link bawah ini 

Ok mungkin itu saja dari admin bagaimana cara cek tipe. model serta versi firmware hp oppo, samsung serta vivo, untuk menunjang repair dari sisi software. dan selain itu juga cek tipe hp bisa mnegatasi masalah hadware contohnya jika anda ingin membeli battrai, LCD dan sebagainya. otomatis kalian harus tahu detail tipe hp yang anda gunakan. apabilah ada kesalahan dalam penyampaian admin mohon maaf sekian dan terima kasih.

1 komentar so far

Begitu banyak kebingungan dengan smartphone ini sehingga saya sering bingung dengan modelnya. Apakah ada perbedaan yang signifikan di antara mereka? Mereka tampaknya hanya berbeda dalam penampilan, dan sedikit dalam perangkat lunak internal. Selebihnya, semuanya sama saja. Masalah pada satu smartphone berhasil diselesaikan dengan cara yang sama seperti pada smartphone lainnya.


EmoticonEmoticon