Sabtu, 29 April 2017

Cara Flash HP China MTK Android Flashtool

Pada kesempatan ini firmware.id akan memberikan sebuah tutorial Cara Flash Handphone China MTK Android Menggunakan aplikasi Flashtool, selain itu dimana artikel sebelumnya firmware.id telah membahas atau memberikan sebuah tutorial tentang

Baca : Cara Flashing Handphone Samsung Android Dengan Menggunakan Aplikasi Odin

Seperti yang kita ketahui flashing adalah proses pengisian sebuah file program bisa dikatakan mengisntal gunaya untuk upgrade ataupun downgrade sebuah operasi sistem pada handphone, selain itu juga flashing bisa dikatakan sebagai solusi repair atau perbaikan ponsel dari segi kerusakan software contohnya seperti hp terkunci, blank, restart, softbrik, hardbrik, bootloop (dimana hanya menampilkan logo brand saja) dan masih banyak lagi. 
Dan sedangkan kegunaan aplikasi atau tool contohnya flashtool adalah sebuah jembatan atau terminal guna mentransfer sebuah program operasi sistem ke handphon, dan kenapa judulnya china mtk android , karna MTK adalah sebuah chip yang banyak digunakan beberapa brand pada handphon pabrikan atau buatan dari negara china, seperi advan, evercross, brand code dan masih banyak lagi, nah itu dari segi mayoritas, tidak menutupi kemungkinan chip mtk digunakan beberapa brand hp dari negara lain tapi jika di bahas satu persatu tidak akan ada habisnya selain itu cara flashing handphone chip mtk ini tidak jauh berbeda dengan cara flashing chip mediatek lainya.

Kenpa chip mtk banyak digunakn pada brand hp banyak produk? karna Chip MTK, adalah chip yang paling murah sehingga banyak para vendor memanfaatkannya. untuk membuat sebuah produk khususnya handphone yang terjangkau atau dengan kata lain low and, hingga menegah sehingga kita selalu menemui hp dengan spasifik prosecor mediatek tersebut dengan harga yang murah, tapi perlu anda ketahui pepatah mengatakan ada harga ada kualitas, dengan kata lain, bukan mengatakan tidak bagus, hanya saja performanya mungkin tidak sehebat chip sepeti exynos yang dimiliki samsung serta qualcom yang dimiliki xiaomi serta brand lainnya saat ini yang dimana dikatakan hp class end atau tertinggi. tapi seperti kita ketahui anda harus punya uang lebih untuk memilikinya.
Ok tanpa bosa basi mari kita mulai saja persiapkan alat tempurnya di antaranya : 
  • Download terlebih dahulu driver USB handphone anda di di artike sebelumnya di linik bawah ini Dan pastikan di instal terlebih dahulu :
Downloadnya Disini : Download Driver USB Semua Handphone
  • Selanjutnya download Toolnya atau flashtoolnya linknya ada di bawah ini : 
Download file di google drive : FlashTool
  • Firmware handphone (cari sesuai dengan tipe handphon anda)
Setelah menginstal Driver USB buka aplikasi flashtool yang anda download sebelumnya, maka akan nampil seperti gambar di bawah ini :

Cara Flash Handhon China MTK Android menggunkan aplikasi Flashtool

Cara Flashing :
  1. Pilih dan tekan scatter Loading, selanjutnya cari file scatter anda yang berada di folder firmware anda dimana sebelumnya anda download dan extrak, setelah ketemu, pilih dan klik open.
  2. Maka secara otomatis anda akan di tampilkan  sebuah data log firmware, dan pastikan bagian End andress semua terisi, kecuali Preloader, dimana apabila tidak yakin dengan firmware yang anda download (dalam arti ketidak cocokan), jangan di centang terlebih dahulu, kecuali apabila saat flash selesai tanpa mencetang Preloader namun hp anda tetap rusak (software) maka anda perlu mengeflash lai dengan mecetang preloader tersebut. dan kenpa untuk awal ngeflash tidak di wajibkan untuk mencentang, karna seperti di jalaskan di atas (takutya tidak kecocokan antara firmware dan chip) yang berdampak pada handphone itu sendiri, kan kita tidak  mengetahui asal usul firmware tersebut (apakah sudah di modif ataukah masih original dari vendornya) nah jika tetap memaksa dan terjadi ketidak cocokan otomatis handphon anda malah makin parah bisa softbrek hingga hardbrik. maka dari itu jagan mencetang terlebih dahulu preloadernya, kecuali jika firmware tersebut telah selesai flahing handphone tetap bootlop anda bisa menggunakan preloadernya (mencentangya)
  3. Apabila sudah fix serta mengisi firmware lengkap maka tugas anda selanjutnya ialah menekan tombol atau tab download pada aplikasi flashtoolnya.
  4. Secara otomatis proses transfer data operasi sistem atau firmware anda dari pc/laptop ke handphone akan dimulai dan indikator di nomor 4 tersebut akan muncul awalnya berwarna hijau, ungu, lalu baru kuning dan itu adalah proses pengisian data.
  5. Nah jika proses flashing selesai maka otomatis akan muncul indikator dengan logo ceklis seperti gambar tersebut, dengan begitu flashing atau pengisntalan hp telah selesai, dan hadphone secara otomatis kecuaili hp oppo akan booting dengan sendirinya dan anda bisa mencabut atau melepaskan kabel datanya.
Ok demikian tutrorial cara flashing Handhon China MTK Android menggunakan aplikasi Flashtool,apabila ada kesalahan dalam penulisan serta penjelasan kurang di mengerti anda bisa bertanya di kolom komentar, sekian dan terima kasih.

1 komentar so far

info yang bermanfaat gan di tunggu kunjungannya ya trik dan tips hp ada di sini http://www.orcode.org/2017/12/cara-hard-reset-andromax-b-a26c4h.html


EmoticonEmoticon